Angin Segar dari Old Trafford Oleh Solskjaer

Merupakan sesuatu yang berbahaya ketika kita memaksakan narasi menyeluruh kepada sebuah tim sepak bola di tiap pertandingan pertamanya, dengan demikian kita akan ragu untuk mengaitkan hasil pertandingan United yang menang dengan skor 5-1 atas Cardiff City dengan kepelatihan yang baru saja berpindah ke Ole Gunnar Solskjaer.

Bisa dibilang terlalu dini untuk mengatakan Manchester United telah kembali ke performa terbaiknya seperti pada zaman Sir Alex Ferguson hanya dengan melihat hasil pertandingan perdana United di bawah asuhan Solskjaer. Memang benar hasil seperti ini baru kali ini didapat oleh United ketika di bawah kendali Solskjaer, namun kami melihat bukan semata-mata hanya karena kehebatan sang manajer anyar tapi kami melihat aspek lebih mendalam kepada tim saat pertandingan kemarin.

Kami melihat psikologis tim menjadi lebih baik dan lepas tanpa beban saat bertanding, Luke Shaw beberapa kali muncul di posisi no.10, Paul Pogba bermain seperti sedang menari, tim bermain passing tanpa melihat dan tanpa terlihat ambisi, permainan kemarin benar-benar bebas dan menyenangkan seperti beberapa tahanan penjara yang baru saja terbebas dari hukuman hahaha. Semua orang terlihat lebih merasa senang dan gembira saat pertandingan tidak terkecuali Jesse Lingard yang membantu menyumbangkan sepasang gol untuk United, “Anak-anak bermain dengan penuh energy, kesenangan, dan kegembiraan” ujar Lingard setelah pertandingan yang membawa angin segar kepada para fans United di Old Trafford.

Tapi tentu saja ini terlalu cepat untuk menyimpulkan bahwa mereka bermain sebagus itu hanya karena telah lepas dari cengkraman mantan manajer mereka Mou yang begitu membuat mereka tertekan. Bahkan jika mereka bermain seperti ini saat di bawah asuhan Mou selama 20 menit saja, pasti kalian akan menyimpulkan bahwa ini adalah permainan tim yang kacau di bawah manajer yang sudah kehabisan ide karena banyak dari operan yang menyamping dan tidak terlihat ingin mencetak gol.

Kami tidak pernah menyangkal bahwa ini semua juga berkat campur tangan Solskjaer yang memang mengerti psikologis tim yang kehilangan percaya dirinya, solskjaer membebaskan tim dari persepsi bahwa jika mereka menang maka nama Mou lah yang akan terangkat dan jika kalah maka seluruh tekanan mengarah kepada tim. Tapi perlu diingat bahwa ini adalah pertandingan pertamanya bersama United sebagai manajer, jadi euphoria yang berlebihan akan menjatuhkan mental tim kesayangan anda karena merasa di atas angin.

Pada akhirnya, kami hanya ingin mengatakan bahwa terlalu cepat bagi kita untuk menyatakan bahwa “Manchester United sudah kembali” dengan adanya Solskjaer sebagai manajer hanya dengan 1 hasil pertandingan saja. Kami lebih suka mengatakan bahwa ini adalah awal yang sangat baik untuk Manchester United di bawah arahan yang baru dengan bermain secara lepas dan tanpa beban karena tim ini memang pada dasarnya adalah sebuah tim yang dipenuhi orang-orang hebat di dalamnya, semoga ke depan nya permainan seperti ini tetap mereka tunjukkan ya hahaha.

Related Posts