Doa Mesut Ozil Untuk Korban Bencana Tsunami Selat Sunda

Kembali berduka, Indonesia kini ditimpa kembali bencana Tsunami,  tepatnya daerah selat sunda. Letusan dari anak gunung Krakatau mengakibatkan timbulnya Tsunami.

Mesut ozil yang merupakan pemain dari Arsenal liga Inggris adalah pesepakbola yang pertama kali mengucapkan bela sungkawa terhadapa bencana tsunami yang terjadi di daerah selat sunda dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Menurut dari Sutopo Purwo Nugroho, Adalah Kepala Pusat Data dan Humas dari BNPB, fenomena tsunami ini yang terjadi di daerah selat sunda termasuk fenomena yang langka. Letusan dari anak gunung yang terjadi tidak besar. Tremor terus menerus terjadi, namun frekuensinya tidak tinggi. Dan bahkan tidak terjadi gempa yang dapat memicu terjadinya tsunami. Hal ini yang sulit ditentukan penyebab terjadinya potensi tsunami dari awal kejadian.

Dilain hal BNPB telah mencatat kerusakan yang terjadi akibat dari bencana tsunami Selat Sunda sejak tanggal 23 Desember 2018 pada pukul 16.00 WIB mencatat 222 orang meninggal dunia, 843  luka-luka, 23 orang hilang belum ditemukan. Secara fisik kerusakan tercatat 556 rumah rusak, 9 hotel rusak, 60 warung rusak, dan juga 350 kapal/perahu rusak.

Mengapa bencana tsunami Selat Sunda sedemikian banyak mengabibatkan banyak korban? Sutopo memberikan penjelasan bahwa kondisi saat ini Indonesia tidak memiliki peringatan dini jika terjadi longsor bawah laut dan juga erupsi pada guinug merapi. Sistem yang ada saat ini yaitu peringatan dini yang ditimbulkan oleh gempa. Kurang lebih 5 menit setelah gempa BMKB dapat memberikan informasi kepada publik.

Itulah yang menyebabkan pada saat tsunami Selat Sunda masyarkat tidak memiliki cukup waktu untuk evakuasi  sedini mungkin. Karena tidak ada ada peringatan dini yang muncul. Untuk itu hal kedepan yang harus diperhatikan Indonesia kedepan adalah membangun sistem peringatan dini bencana tsunami yang disebabkan oleh tanah longsor bawah laut dan juga erupsi dari gunung merapi. Melihat dari gunung merapi yang ada didunia 13 % nya berada di Indonesia. Yang terletak di laut atau pulau kecil yang dapat menimbulkan potensi tsunami seperti tsunami yang terjadi di Selat Sunda.

Duka yang terjadi di Indonesia Khususnya di Selat Sunda merambat keseluruh dunia dan juga masuk ke dunia sepak bola. Dengan menyebarnya berita duka Tsunami Selat Sunda banyak klub-klub besar dari Eropa yang langsung memberikan ucapan duka cita dan juga keprihatinan.Seperti klub Real Madrid Manchaster City, dan juga Liverpool. Pada dasarnya yaitu mendoakan Indonesia dan juga keluarga korban yang tengah tertimpa kemalangan.

Salah satu kapten dari Aresenal Mesut Ozil Memeberika ucapan belasungkawa dengan ekspresi keprihatinan yang di ucapkan melalui akun twitter miliknya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan memiliki 23 juta follower ucapan belasungkawa dari Mesut Ozil menjadi viral.

ozil

Hal ini sangat menyentuh dan menggugah hati saat ada pemain besar ternama dari klub Eropa yang menunjukan dan memberikan ketulusan hatinya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Tergambar jelas ekspresi dari Mesut Ozil dan menyentuh karena dapat dipahami seluruh pembaca dari Indonesia. Sampai pada saat ini ucapan Mesut Ozil telah di RT sebanyak 34 ribu dan juga di sukai 46 ribu lebih akun.

 

Related Posts